Bersih Itu Sehat dan Indah

02 Sep 2021, 19:17:52 WIB Syiar
Bersih Itu Sehat dan Indah

Opini (2/9/2021) - Agama Islam adalah agama yang cinta pada kebersihan. Rasulullah SAW sangat menganjurkan kepada umatnya untuk senantiasa menjaga kebersihan. Dengan menjaga kebersihan, tubuh kita akan sehat dan kuat. Dalam syariat islam, ketika mengerjakan shalat diwajibkan bagi umat islam agar bersih dari hadas dan najis, baik badan, pakaian, maupun tempat yang dipergunakan untuk shalat.

Kebersihan adalah upaya manusia untuk memelihara diri dan lingkungannya dari segala yang kotor dan keji dalam rangka mewujudkan dan melestarikan kehidupan yang sehat dan nyaman. Kebersihan merupakan syarat bagi terwujudnya kesehatan, dan sehat adalah salah satu faktor yang dapat memberikan kebahagiaan. Sebaliknya, kotor tidak hanya merusak keindahan tetapi juga dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, dan sakit merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan penderitaan.

Hadits Rasulullah SAW : “Dua kenikmatan yang banyak manusia menjadi rugi (karena tidak diperhatikan) yaitu kesehatan dan waktu luang”. (HR. Al Bukhari).

Baca Lainnya :

Kebersihan adalah salah satu bagian penting di dalam Islam, keber­sihan dan kesucian merupakan bagian dari kesempurnaan nikmat yang dibe­rikan Allah kepada hambaNya, karena bersih merupakan modal awal dari hidup sehat, kesehatan merupakan nikmat yang tidak ternilai harganya. Allah berfirman dalam hal ini, “Allah tidak ingin menjadikan kamu susah tetapi Dia ingin menyucikan kamu dan me­nyem­purnakan nikmatNya kepadamu semo­ga kamu bersyukur” (QS: Al-Maidah:6)

Kebersihan dalam Islam mempunyai aspek ibadah dan aspek moral, dan karena itu sering juga dipakai kata “Thaharah” yang artinya bersuci dan lepas dari kotoran (Asy-S Zainudin).  Tempat Pendidikan atau Sekolah adalah tempat untuk mendidik anak didik agar menjadi insan yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia. Dalam hubungan dengan kesehatan lingkungan banyak sekolah atau tempat pendidikan yang menghadapi berbagai masalah seperti : Sumber air bersih, Sampah di buang di sembarang tempat, Saluran pembuangan tidak berfungsi, Jumlah jamban yang sangat terbatas, Tempat buang air kecil tidak memenuhi syarat, Ruangan yang kurang bersih, pengap penuh sesak dan kurang ventilasi.

Kebersihan yaitu suatu usaha yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran pada tempat-tempat yang kotor (Sa’di, 2008: 3). Kebersihan merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang ada di lingkungan sekitar

Kebersihan lingkungan belajar amat erat kaitannya dengan kesehatan, ketika siswa perduli dan tanggap akan kebersihan, maka kesehatannya pun akan terjaga pula. Agama kita yaitu Islam sungguh luar biasa dalam memberikan perhatian terhadap persoalan kesehatan. Karena kesehatan merupakan salah satu unsur penunjang utama dalam melaksanakan berbagai hal, baik itu belajar bekerja maupun dalam pelaksanaan aktivitas ibadah kepada Allah SWT.

Manusia diperintahkan untuk bersih sebab Islam ingin menjaga aspek kesehatan terhadap diri manusia, sebagaimana yang disampaikan Imam asy-syatibhi dalam Kitabnya Fi Ushul Al-Ahkam, bahwa tujuan kehadiran agama Islam dalam rangka menjaga agama, jiwa, akal, jasmani, harta dan keturunan. Oleh karena itu dalam melaksanakan tujuan kehadiran agama Islam tersebut, kesehatan memegang peranan yang sangat urgen. Tanpa adanya kondisi kesehatan seseorang, maka dengan sendirinya berbagai upaya untuk memenuhi kewajiban pokok akan sulit dilaksanakan. Dengan kata lain bahwa kesehatan meru­pakan modal utama dalam mencapai tujuan kehadiran agama.