Pemkot Akan Evaluasi Kinerja PPPK

02 Jul 2021, 13:36:07 WIB Seputar Palembang
Pemkot Akan Evaluasi Kinerja PPPK

Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan mengevaluasi kinerja Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)selama lima tahun. Jika dinilai baik maka perjanjian kerja akan dilanjutkan lima tahun ke depan.

“Masa kerja lima tahun yang dimaksud sebagai bentuk evaluasi kinerja. Saat masa kerja 4,5 tahun akan diusulkan ke Kementerian. Ini soal pendekatan kinerja, kalau dinilai baik, perjanjian kerja dilanjutkan lima tahun ke depan, tapi jika tidak, maka akan diputus,” kata Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa di rumah dinas wako, Jumat (2/7).

Dewa menjelaskan, sesuai aturan, PPPK bersifat kontrak atau perjanjian kerja. Maka ada limit waktu untuk perbaikan birokasi. Dan penetapan masa kerja bagi PPPK merupakan evaluasi untuk melihat kedisiplinan dan kinerja karyawan.

Baca Lainnya :

“Karena ini dalam UU CPNS maupun PPPK sudah diatur maka memang harus dilakukan evaluasi, setiap lima tahun akan dilihat apakah laik untuk dilanjutkan atau tidak,” jelas Dewa.

Lanjutnya, secara umum, hak dan kewajiban yang akan diterima oleh PPPK sama dengan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Bahkan saat proses seleksi, PPPK juga melaksanakan sistem ujian berbasis komputerisasi atau sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Hak cuti, gaji yang diterima sama. Mereka nanti akan digaji melalui dana APBN. Di sisi lain, untuk pelamar PPPK yang saat ini statusnya sebagai Honorer Daerah (Honda) dengan SK Wali Kota tidak bisa rangkap jabatan,” ujarnya.

Berdasarkan lowongan kebutuhan formasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menerima kuota 564 PPPK dengan mayoritas peruntukan bagi tenaga pendidikan atau guru.

“Proses evaluasi dan verifikasi ini dilakukan di tingkat Kemenpan RB dan Pemkot setempat. Jadi konteksnya memberikan usulan terhadap PPPK yang bersangkutan,” pungkasnya.